Ucapan Terima Kasih

Pernah mengalami, ketika Anda sedang berdiri menggendong bayi dalam busway ataupun kereta api yang dalam keadaan penuh, lalu tiba-tiba seorang penumpang yang sedang duduk di kursi berbaik hati menawari Anda tempat duduknya?

Ataupun saat Anda kerepotan membawa tas belanjaan atau bungkusan barang-barang di dalam supermarket, lalu bingung ketika harus keluar melewati pintu yang tertutup, dan tiba-tiba seseorang dengan spontan membantu membukakan pintu dan mempersilakan Anda keluar terlebih dahulu?
Saya rasa mungkin hampir semua dari kita akan benar-benar berterimakasih kepada orang yang telah sigap dan spontan membantu kita tersebut, bahkan tanpa kita minta lebih dahulu.
Dengan mengucapkan terimakasih terhadap seseorang, orang tersebut akan merasa dihargai oleh kita. Apalagi kebaikan yang ia berikan cukup sederhana. Dengan ini, kita akan mudah untuk bergaul dengan orang banyak.
Namun, terkadang ada beberapa orang yang lupa berterimakasih yang membuat orang lain agak sungkan untuk membantunya kembali. Tetapi mungkin beberapa orang ada yang sulit untuk mengungkapkan terimakasih kepada orang yang sudah berjasa atau membantunya.
Oleh sebab itu seharusnya kita juga mengucapkan terima kasih yang penuh ikhlas, karena dengan ucapan itu orang lain akan merasa dihargai karena telah memberikan kontribusi kepada diri kita.

Namun menjawab ucapan terima kasih juga tidak kalah pentingnya dengan mengucapkan terima kasih. Dengan menjawab ucapan terima kasih dari seseorang, maka orang tersebut juga akan merasa lebih dihargai karena telah mendapatkan respon yang positif dari orang yang berterima kasih kepada kita.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Satu Data Indonesia : Memahami Data Kemiskinan

Hidup adalah sebuah Perjalanan