Peningkatan Indeks Demokrasi Indonesia Banten


Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) adalah angka-angka yang menunjukkan tingkat perkembangan demokrasi di seluruh provinsi di Indonesia berdasarkan beberapa aspek tertentu dari demokrasi. Tingkat perkembangan demokrasi tersebut diukur berdasarkan pelaksanaan dan perkembangan sejumlah aspek demokrasi di semua provinsi di Indonesia.
IDI bertujuan untuk mengukur secara kuantitatif tingkat perkembangan demokrasi pada tingkat provinsi di Indonesia. Dari indeks tersebut akan terlihat perkembangan demokrasi di setiap provinsi sesuai dengan ketiga aspek yang dipelajari. Di samping itu, indeks perkembangan demokrasi di satu daerah juga dapat dibandingkan dengan daerah lainnya untuk memperoleh gambaran perkembangan demokrasi di provinsi-provinsi di seluruh Indonesia.

Gambaran yang diperoleh dari IDI mempunyai berbagai manfaat. Pertama, secara akademis, dapat ditunjukkan tingkat perkembangan demokrasi di setiap provinsi di Indonesia. Data-data yang diperoleh dari IDI dapat membantu mereka yang mempelajari perkembangan demokrasi dan demokratisasi di Indonesia. Adanya IDI merupakan kemajuan dalam studi perkembangan demokrasi di Indonesia karena untuk pertama kalinya perkembangan demokrasi di berbagai provinsi di Indonesia dapat diketahui dengan pasti.

Manfaat kedua adalah bagi perencanaan pembangunan politik pada tingkat provinsi. Data-data yang disampaikan oleh IDI mampu menunjukkan aspek atau variabel atau indikator mana saja yang tidak atau kurang berkembang di sebuah provinsi sehingga dapat diketahui hal-hal apa saja yang perlu dilakukan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah terkait untuk meningkatkan perkembangan demokrasi di provinsi bersangkutan.

Manfaat ketiga adalah bagi pemerintah dan masyarakat provinsi. Provinsi yang tingkat perkembangan demokrasinya kurang baik dapat menarik pelajaran dari data-data tersebut dengan memperhatikan indikator-indikator demokrasi yang mendapat nilai rendah. Pemerintah daerah dan masyarakat di provinsi bersangkutan secara bersama-sama dapat mengambil langkah-langkah tertentu yang dapat memperbaiki angka bagi indikator tersebut sehingga indeks bagi indikator itu bisa meningkat di masa akan datang. Data-data yang disampaikan oleh IDI berguna bagi pemerintah daerah provinsi dan masyarakatnya untuk mengevaluasi diri sendiri dalam melaksanakan demokrasi dan melakukan perbaikan-perbaikan untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan demokrasi. 

Berikut Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) untuk Banten pada tahun 2017 tercatat sebesar 73,72. Angka tersebut menunjukan adanya peningkatan 2,36 poin dibandingkan dengan angka IDI pada tahun 2016 yang besarnya mencapai 71,36.


Pada tahun 2017, dari tiga aspek penilaian IDI, terdapat dua aspek yang mengalami peningkatan yaitu Aspek Kebebasan Sipil dan Lembaga-lembaga Demokrasi. Sementara itu, pada saat yang sama, Aspek Hak-hak Politik justru mengalami penurunan yang cukup drastis.

Aspek Kebebasan Sipil meningkat menjadi 85,16 dari tahun 2016 yang tercatat sebesar 83,47. Adapun Aspek Lembaga Demokrasi mengalami peningkatan menjadi 74,98 dari 60,99 pada tahun sebelumnya. Adapun penilaian untuk Aspek Hak-hak Politik tercatat sebesar 63,87 atau turun 4,43 poin dibandingkan dengan penilaian pada tahun 2016 yang besarnya 68,30.

Dari sebelas variabel komponen penghitungan angka IDI 2017, dua variabel menunjukkan adanya penurunan nilai. Kedua variabel tersebut adalah: Variabel Partisipasi Politik dalam Pengambilan Keputusan menjadi 50,00 dari 59,24 dan Pengawasan dan Peran Birokrasi Pemerintah Daerah sebesar 48,80 atau turun 1,27 poin dibandingkan dengan tahun 2016. 


Sumber : Berita Resmi Statistik BPS Provinsi Banten, September 2018

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Satu Data Indonesia : Memahami Data Kemiskinan

Kesetaraan Gender

Hidup adalah sebuah Perjalanan